Rangkaian Kegiatan Workshop Metode Pembelaran
Agenda Workshop Bagian Ketiga: Workshop Asatidzah Pengajar Kelas
Rabu, 1 Agustus 2018
Bertempat di Ruang Serba Guna Pondok Putri
Mulai Pukul 07:00 s.d. 14:30 WIB
Pemateri:
Ust. Hadmoes Wirawan, B.A., PCT.
————————————————
Faidah Workshop Metode Pembelajaran
[ Muqoddimah, Sesi 1 dan 2 ]
1. Jika seorang guru tidak mau menambah lagi ilmunya, maka ketika itu pintu kebodohan terbuka lagi.
2. Sebaik-baik contoh guru yang patut dan wajib diteladani adalah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam.
3. Cara atau metode Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam dalam mengajar tidak hanya mengajrkan pengetahuan (ilmu), tetapi mengajarkan amali (praktek/ aktif learning) juga.
4. Dalam mengajar, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam tidak hanya memakai satu cara saja, tetapi banyak metode yang beliau gunakan untuk mendakwahkan Islam.
5. Jika kita menginginkan murid menuruti kemauan kita, maka mulailah melakukannya dahulu dari diri kita (memberi contoh).
6. Belajar dan mengajar adalah salah satu bentuk transaksi, maka hal yang seperti ini harus ada tujuan (baik dari murid/ guru) yang akan dicapai dan perlu dicatat.
7. Dalam mengajar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam berusaha memahami psikologi murid bukan memaksa murid agar memahami sang guru.
[ Sesi 3 dan 4 ]
1. Manajemen Kelas:
a. Mengarahkan/ mengendalikan murid,
b. Menciptakan suasana yang nyaman,
c. Merencanakan pembelajaran,
d. Memiliki ketrampilan (skill) mengajar,
e. Menata/ mengatur kelas.
2. Tugas utama guru dalam dunia pendidikan bukan hanya sekedar menyampaikan maklumat/ ilmu saja, tetapi hendaknya seorang guru dapat membangkitkan semangat belajar.
3. Metode yang terbaik dalam hal mengajar adalah adalah metode yang disesuaikan dengan kondisi para murid.
4. Takrim (pemuliaan dengan memberi hadiah) bagi guru dan murid merupakan perkara yang penting untuk memotivasi mereka.
5. Guru itu profesi yang sakral. Jka suatu yayasan membayar guru karena ilmunya, maka ini bentuk meremehkan ilmu. Ilmu guru itu mahal yang tidak bsa dihargai dengan uang/ materi dan yang bisa membayar hanya Allah Ta’ala.
6. Kurikulum yang baik adalah kurikulum yang dapat menjawab kebutuhan/ permasalahan murid, wali murid dan masyarakat secara umum/l uas.
[ Sesi Tanya Jawab ]
“Afwan, saya tidak bsa lebih luas membahas tentang pendidikan anak kelas satu/ dua SD, karena kafa’ah ilmu saya tentang ini masih kurang. Dan mengajar anak SD itu tidak mudah… Bahkan kalau melihat negara maju dalam hal pendidikan, misalnya Finlandia, Pengajarnya adalah para profesor, atau minimal memiliki skill, atau ketrampilan dan pengalaman yang memadai…” { Jawaban Ustadz Wira atas salah satu pertanyaan dan kegelisahan Ustadz Abu Nabiel Suseno Widiarso, A.Md. ]
Waallahu A’lam.
| Diringkas oleh : Ust. Ahmad Imron…|
Ust. Hadmoes Wirawan, B.A., PCT memberikan metode pembelajaran kepada Para Asatidzah